Visi Misi


Visi

SEJAHTERA, MANDIRI, RELIGIUS, BERBUDAYA DALAM
LINGKUNGAN YANG LESTARI

Sedangkan untuk mempermudah dalam penghafalan dan pengingat disingkat “SEMARNDALIL” penjabarannya adalah

  • SEJAHTERA :

Suatu keadaan dimana masyarakat terpenuhi kebutuhan dasarnya, baik kebutuhan lahir atau batin secara merata. Beberapa untuk melihat ukuran kesejahteraan masyarakat dengan indeks pembangunan manusia, menurunnya ketimpangan pendapatan, menurunnya angka kemiskinan, meningkatnya kualitas lingkungan hidup, meningkatnya kesempatan kerja dan pertumbuhan ekonomi secara merata.

  • MANDIRI :

Suatu keadaan dimana Pemerintah Kaluraha Girikerto dapat mendayagunakan potensi yang ada dari sumber daya alam, sumber daya manusia dan sumber daya sosial budaya. Dapat memberikan solusi dalam setiap permasalahan dan konflik yang dengan beberapa cara dan sistem. Dapat mengidentifikasi peluang kebutuhan yang diperlukan dengan meningkatnya sarana dan prasarana perekonomian dan meningkatnya daya saing. Hal ini dapat dilihat nantinya ketika kondisi infrastruktur dan investasi meningkat. Selain itu meningkatnya pendapatan asli kalurahan yang nantinya dapat mencukupi kebutuhan pemerintah atupun masyarakat.

  • RELIGIUS :

Nilai-nilai keagamaan yang abadi dari hati nurani untuk Tuhan Yang Maha Esa. Dapat diimplementasikan dengan peningkatan kualitas kerohanian masing-masing agama dalam menjalankan ibadahnya dengan dukungan masyarakat dan pemerintah namun juga nantinya tergantung kepada kepribadian masing-masing. Menjujung tinggi toleransi antar umat beragama dalam menciptakan kerukunan antar umat beragama. Sekaligus menjaga kestabilan kondisi pemerintahan dalam menjalankan ibadah sesuai agama dengan saling menghormati dan menghargai. Memberikan pendidikan dalam hal agama yang sesuai dengan ajaran dan tuntunan diagama masing-masing pemeluk.

  • BERBUDAYA DALAM LINGKUNGAN YANG LESTARI :

Keadaan masyarakat yang sadar, terbina dan terdidik akan nilai-nilai tatanan dan norma yang luhur tanpa meninggalkan warisan budaya dan seni. Indikator yang diharapkan adalah terciptanya pelestarian warisan budaya yang berbenda atau tak benda, melibatkan peran serta masyarakat dalam mengembangkan bakat seninya sampai kepada merupakan kebutuhan yang hakiki melekat pada keseharian kehidupan. Pelestarian kegiatan adat istiadat dengan menonjolkan masyarakat dan potensinya agar dapat menjalin hubungan yang baik dan bagus.

Visi Pemerintah Kalurahan Girikerto berpedoman pada Visi Pembangunan Nasional yang dituangkan dalam Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020-2024 yaitu “Terwujudnya Indonesia Maju yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong Royong” yang disebut sebagai Nawacita Kedua, Visi Pembangunan Daerah Istimewa Yogyakarta yang dituangkan dalam Peraturan Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 3 Tahun 2018 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Isitmewa Yogyakarta (RPJMD) Tahun 2017-2022 yaitu “Terwujudnya Peningkatan Kemuliaan Martabat Manusia Jogja”, Visi Pembangunan Kabupaten Sleman yang diatur dalam Peraturan Bupati tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2021-2024 Kabupaten Sleman yaitu “Terwujudnya Masyarakat Sleman Yang Cerdas, Sejahtera, Berdaya Saing, Menghargai Perbedaan dan Memiliki Jiwa Gotong Royong”.


Misi

  1. Bidang Pemerintahan :
  • Meningkatkan penataaan administrasi Kalurahan. Misi dimaksudkan untuk mengelola dengan rapih dan teliti dalam menyusun dan mengatur dokumen yang telah ada ataupun dengan menata proses mekanisme dengan administrasi yang baik.
  • Meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan cara mengubah sistem pelayanan, yaitu tidak hanya sebagai pelayan masyarakat tetapi sebagai Pamong yaitu orang yang bisa melindungi dan momong masyarakat. Maksudnya adalah dalam melayani kebutuhan masyarakat tidak hanya dengan menghasilkan dokumen dalam mengurus tapi memang dari adab, tingkah laku dan sopan santunnya menerapkan sesuai dengan kaidah jawa yang tidak bertentangan. Bisa memberikan suri tauladan yang baik pencerminan hidup dikehidupan bermasyarakat.
  • Penataan kinerja Pamong yaitu penerapan pelayanan yang maksimal. Maksudnya yaitu mengedepankan kepentingan umum daripada golongan atau individu.
  • Mewujudkan masyarakat Girikerto yang aman dan kondusif. Misi ini mempunyai maksud adalah menghindari dan memberikan rasa nyaman dalam kehidupan bermasyarakat dengan beberapa langkah diantaranya yakni dengan menggalakan kegiatan sosial kemasyarakatan.
  1. Bidang Pembangunan :
  • Mewujudkan masyarakat yang sejahtera melalui berbagai macam terobosan baru melalui :
    • Bidang pertanian;
    • Bidang peternakan;
    • Bidang perikanan;
    • Bidang wisata;dan
    • Menggerakan dan meningkatkan BUMKAL.

Misi ini mempunyai maksud memberikan kesejahteraan peningkatan pendapan ekonomi masyarakat atau Pemerintah Kalurahan dengan beberapa gagasan dan ide yang baru dari berbagai sektor potensi yang dimiliki kalurahan. Selain itu menggerakan badan usaha milik kalurahan sebagai eksekutor dan administrator dalam menjalankan usaha agar bias tertata dengan rapi dan lancar.

  • Menerapkan pembangunan dengan skala prioritas. Misi ini memberikan pemenuhan kebutuhan perihal program dan kegiatan yang akan dilaksanakan dilihat dari kebutuhan, manfaat dan dampak, dengan itu akan menciptakan kegiatan yang memang betul diharapakan masyarakat.
  • Menggali potensi lain yang bisa membawa kesejahteraan masyarakat. Membuka wawasan kepada masyarakat agar lebih berinovasi dan berkembang dalam mencermati potensi yang ada dikewilayahannya masing-masing untuk bida diberdayakan menjadi sumber penghasilan warga.
  • Menjaga dan meningkatkan kelestarian alam. Misi ini memiliki maksud agar sumber daya alam yang ada dapat terjaga dan lestari dengan menolak beberapa usaha masyarakat atau perusahan dalam mengeksploitasi alam secara tidak benar.
  1. Bidang Kemasyarakatan :
  • Menjaga kerukunan intern dan antar umat beragama untuk mewujudkan masyarakat Girikerto yang memiliki jiwa toleransi dalam beragama. Maksudnya adalah kehidupan beragama dimasyarakat Girikerto agar tercipta saling menghargai dan menghormati satu sama laing dengan kepercayaan yang berbeda dari segi aktifitas keagamaan atau dengan kegiatan yang lainnya. Mengedepankan musyawarah mufakat dan hubungan komunikasi yang terjalin dengan baik.
  • Meningkatkan kualitas dalam melaksanakan penerapan beragama. Misi ini maksudnya adalah meningkatkan dan mengembangka ilmu pengetahuan beragama dengan pelatihan dan pembinaan agara keimanan dan ketaqwaan dapat meningkat.
  • Meningkatkan kualitas pendidikan. Maksudnya yaitu memberikan bantuan pendidikan dan pembinaan kepada masyarakat luas dengan pentingnya berpendidikan sebagai modal dalam kehidupan bermasyarakat dan kebutuhan hidup.
  • Meningkatkan kualitas kesehatan Jaminan kesehatan masyarakat dengan menjalankan program-program bantuan kesehatan secara maksimal dengan penyediaan fasilitas medis atau pelayanan kepada masyarakat.
  • Meningkatkan kualitas kepemudaan dalam wadah karang taruna. Mengembangkan potensi generasi muda dalam bidang apapun agar dapat inovatif dan kreatif tentunya dengan tidak mengenyampingkan kebudayaan yang ada. Pelaksanaan event olahraga setiap tahunnya untuk memberikan motivasi kepada para atlet olahraga.
  • Menjaga dan melestarikan budaya Melaksanakan kegiatan kebudayaan dan menjaganya serta melestarikan adat istiadat yang masih ada dikalangan kehidupan masyarakat. Menggelar kegiatan kebudayan secara berkala dan terstruktur.
Help-Desk