Ekowisata Pancoh

Desa Ekowisata Pancoh

SEJARAH

Pancoh merupakan sebuah padukuhan yang sudah berdiri sejak puluhan tahun yang lalu. Setelah erupsi Gunung Merapi pada tahun 2010, banyak bagian infrastruktur Desa Pancoh yang rusak. Proses pemulihan pasca bencana erupsi dibantu oleh LSM yang melihat adanya potensi alam menarik dari Dusun pancoh yang apabila dijadikan objek wisata akan berdampak baik bagi masyarakat setempat. Akhirnya pelan-pelan dilakukan investigasi untuk melihat lebih dalam lagi potensi alam Dusun Pancoh. Pada tanggal 14 februari 2014 Desa Pancoh resmi menjadi Desa Ekowisata.

Potensi Desa Ekowisata Pancoh

Potensi wisata alam terdiri dari unsur-unsur fisik lingkungan berupa tumbuhan, satwa, geomorfologi, tanah, air, udara, dll, serta suatu atribut dari lingkungan yang menurut anggapan manusia memiliki nilai-nilai tertentu seperti keindahan, keunikan, kelangkaan, atau ke-khasan keragaman, bentangan alam dan keutuhan.

Potensi wisata alam yang ada di desa ekowisata Pancoh seperti :

  1. Pemandangan alam yang indah dengan nuansa desa dan dengan latar Gunung Merapi.
  2. Embung (waduk)
  3. Kebun buah salak
  4. Kolam ikan
  5. Persawahan
  6. Sungai alam
  7. Kebun Bunga

Potensi Wisata Edukasi Desa Ekowisata Pancoh

Wisata edukasi yng mempunyai pengertian sebagai suatu kegiatan atau perjalanan yang dilakukan untuk tujuan rekreatif dengan lebih menonjolkan unsur pendidikan. Hal ini menunjukkan bahwa selain wisatawan dapat menikmati keindahan pariwisata yang ditawarkan tetapi mereka juga mendapatkan ilmu pengetahuan yang tersusun secara rapi oleh SDM pengelola tempat wisata.

Potensi wisata Edukasi yang ada di Desa Ekowisata Pancoh seperti :

  1. Pembuatan kerajinan tangan (Caping Art, Batik, Handmade dari barang bekas, dll)
  2. Pembelajaran seni budaya
  3. Penanaman, perawatan, serta pemetikan buah salak
  4. Penanaman, perawatan, serta pemetikan bunga
  5. Pembuatan biogas
  6. Bajak sawah
  7. Tangkap ikan

Potensi Wisata Budaya Desa Ekowisata Pancoh

Wisata budaya adalah perjalanan yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok dengan mengunjungi tempat tertentu untuk tujuan rekreasi, pengembangan pribadi, atau mempelajari daya tarik budaya dengan memanfaatkan potensi budaya dari tempat yang dikunjungi tersebut.

Potensi wisat abudaya yang ada di Desa Ekowisata Pancoh seperti :

  1. Nyadran
  2. Karawitan
  3. Laras Madyo
  4. Bungbeh

 

 

 

 

 

 

 

 

Potensi Wisata Outbound Desa Ekowisata Pancoh

Outbound training adalah bentuk pembelajaran perilaku kepemimpinan dan menjemen di alam terbuka dengan pendekatan yang unik dan sederhana teteapi efektif karena latihan ini tidak sarat dengan teori-teori melainkan langsung diterapkan pada elemen-elemen yang mendasar yang bersifat sehari-hari, seperti saling percaya, saling memperhatikan, serta sikap proaktif dan komunikatif. Dimensi alam sebagai objek pendidikan bisa menjadi laboratorium sesungguhnya dan tempat bermain yang mengasyikan dengan berbagai metodenya.

Potensi wisata Outbound Desa Ekowisata Pancoh seperti :

  1. Susur sungai
  2. Fun Game
  3. Tangkap Ikan

Help-Desk