Edukasi Nganggring

 

Desa Wisata Nganggring

Desa Wisata Nganggring terletak di bawah kaki Gunung Merapi yang memiliki suasana yang asri dan sejuk. Kawasan alam nan indahh di kaki gunung merapi menjadi keuntungan desa-desa di sekitarnya. Memanfaatkan anugerah alam yang luar biasa indahnya Desa di bawah kaki gunung merapi memberi peluang untuk majadikan desa ini menjadi tujuan wisata. Salah satu Desa yang berada di bawah kabupaten sleman yakni Desa Wisata Nganggring yang berada di Dusun Nganggring Girikerto Turi Sleman.

Awal pengembangan Desa Wisata Nganggring menjadi Desa Wisata sudah sejak tahun 2005 oleh masyarakat di Dusun tersebut. Hal ini dikarenakan masyarakat mulai melihat peluang dan berlandaskan potensi yang ada. Potensi yang menonjol adalah peternakan Kambing Peranakan Ettawa (PE) dan perkebunan salak. Bahkan pada tahun 2007 Dusun ini meraih penghargaan Kalpataru karena keberhasilannya melestasrikan kawasan Desa. Berdasarkan potensi dan keunggulan tersebutlah yang menjadikan Nganggring sebagai Desa Wisata. Prestasi yang pernah dicapai oleh Desa Wisata Nganggring antara lain : Juara 3 Festival Desa Wisata Kabupaten Sleman tahun 2016, Juara 3 Stand terbaik Girikerto Festival tahun 2016, Juara Harapan 2 Festival Pelangi Budaya Bumi Merapi tahun 2017, Juara 1 Festival Desa Wisata Kabupaten Sleman tahun 2017, Juara Harapan 1 dan Juara Terfavorit di Festival Desa Wisata dan Kampung Wisata tingkat Profinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, juara 3 Festival Desa Wisata kabupaten sleman tahun 2018.

Keunikan Desa Wisata Nganggring yakni tentang potensi peternakan dan alamnya, karena mayoritas penduduk di Nganggring adalah peternak kambing PE dan petani Salak Pondoh. Hal inilah yang menjadikan tantangan untuk Desa Wisata Nganggring harus terus berinovasi dan membaharui paket-paket yang ada di Desa Wisata Nganggring dengan tetap konsisten dalam jalur wisata edukasi.

Kehidupan di Desa masih sangat kental dirasakan di Desa  Wisata Nganggring, dimana masyarakat tiap pagi melakukan aktivitas untuk pergi ke kandang maupun ke kebun untuk melakukan aktivitasnya.

Help-Desk